Kebiasaan yang Mempertajam Fungsi Otak dalam Kehidupan Sehari-hari

Kebiasaan yang Mempertajam Fungsi Otak dalam Kehidupan Sehari-hari

Apakah anda pernah melupakan apa yang sedang anda lakukan, contohnya lupa dimana terakhir menaruh kunci rumah, kunci kendaraan, kacamata, atau lupa dengan apa yang baru anda baca padahal baru hitungan menit anda membacanya. Jika anda mengalami situasi seperti itu, anda wajib mulai memberi perhatian eksklusif pada fungsi dari otak kamu. Indocsn188 Karena Kebiasaan yang Mempertajam Fungsi Otak dalam Kehidupan Sehari-hari ternyata banyak sekali.

Selain itu, riset yang dilaksanakan oleh Archana Singh-Manoux terhadap 10.308 partisipan mengungkapkan fungi kognitif otak akan menunjukkan tanda-tanda perlambatan pada umur kira-kira 45 tahun keatas. Namun, sebenarnya belum terdapat pengujian ilmiah yang pasti tentang kapan fungsi otak akan berhenti berkembang.

Ada baiknya sebelum terjadi kemunduran fungsi otak, kita melakukan upaya pencegahan sedini mungkin. Berikut sejumlah kegiatan yang bisa meningkatkan fungsi kerja otak:

  1. Bermain Teka-Teki Silang

Berdasarkan keterangan dari seorang professor Universitas Exeter, Inggris, Keith Wesnes, mengungkapkan orang-orang yang rajin mengerjakan teka-teki silang mempunyai otak 10 tahun lebih muda daripada usia sebenarnya. Permainan ini menajamkan otak dan terbukti memengaruhi fungsi kognitif dan memperlambat situasi kepikunan dini. Di samping teka-teki silang, sudoku, scrabble, permainan kartu dan Bingo bisa dijadikan pilihan dalam mempertajam fungsi otak kita.

Dengan bermain permainan di atas yang akan menguji banyak kosentrasi anda, pola pengenalan dan kecepatan dalam menghadapi ketegangan, dan perhitungan. Dan, itulah keterampilan yang menciptakan otak agar tetap tajam.

  1. Olahraga

Kontek olahraga disini tidak mesti yang olahraga berat, tetapi dengan jalan kaki cepat sekitar 15 menit, 3 kali seminggu, dipercaya juga dapat mempertajam fungsi otak sampai 15%. Mereka yang berolahraga bakal lebih mudah membuat koneksi, dan mengerjakan sekian banyaknya tugas.

Di samping itu, studi pun menemukan bahwa aerobik sekitar 45 menit, 3 kali seminggu, kinerja mental bertambah sampai 25%. Olah raga tidak saja meningkatkan perkembangan sel-sel saraf baru di dalam otak, tetapi juga mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak untuk membuatnya lebih cerdas.

Seorang dokter, Sophia B Hage, SpKO dari Sport Medicine Recident University of Indonesia mengungkapkan sejumlah manfaat yang signifikan dengan melakukan olahraga teratur terhadap peningkatan fungsi otak seperti menambah daya ingat, menanggulangi depresi, meminimalisir stres, memperlancar suplai BDNF, dan menambah sensitivitas terhadap insulin.

  1. Meditasi

Meningkatkan kepintaran otak tidak hanya dapat dilakukan dengan belajar dan mengasah keterampilan otak. Meningkatkan kepintaran otak juga dapat dilakukan dengan meditasi. Sebenarnya meningkatkan kepintaran otak dengan meditasi merupakan teknik tradisional yang sudah lama digunakan. Namun meningkatkan kepintaran otak dengan meditasi ternyata paling efektif dan bermanfaat untuk peningkatan kepintaran otak tersebut sendiri.

Penelitian lainnya, Frontiers in Human Neurosciens Journal pun menuliskan bahwa sejumlah teknik meditasi dapat menambah fokus, dan mempertajam fungsi otak kita juga.

Ketenangan yang didapatkan dari meditasi dipercaya dapat mengenyahkan stress dan kecemasan, yang dapat meminimalisir beban otak dan bisa beraktifitas lebih optimal.

  1. Istirahat Siang

Tidur siang juga dapat menambah kapasitas otak, bahkan lebih baik daripada tidak tidur. Berdasarkan keterangan dari studi dari Universitas of California, Barkeley, AS, ketika tidur terjadi kegiatan memindahkan informasi dari hipokampus ke dalam penyimpanan kenangan yang lebih permanen, yakni korteks. Ketika bangun, Hipokampus siap menerima lebih banyak informasi.

PubMed mengungkapkan hasil studi yang mengindikasikan bahwa 5-10 menit istirahat siang jauh lebih baik daripada yang tidak istirahat siang, istirahat siang diandalkan dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan efisiensi kerja.

  1. Diamkan Pikiran

Mendiamkan otak berarti mengistirahatkan otak sementara guna tidak bekerja. Para peneliti dari Tohoku University, Jepang mengungkapkan adanya kegiatan otak di unsur ganglia dasar saat kita mengistirahatkan otak dari tugasnya

  1. Memperluas Pertemanan

Berkenalan dengan orang-orang baru akan menciptakan otak sibuk membuat input, merekam, dan menyimpan seluruh informasi mengenai situasi kenalan baru tersebut. Dari hal simpel seperti ini, sebetulnya kita telah mempertajam fungsi otak.

  1. Menulis dengan Tangan

Menulis dengan tangan sebenarnya akan mengaktifkan banyak bagian fungsi otak dibandingkan dengan mengetik. Dengan menulis, gerakan tangan yang aktif akan menciptakan kita mudah dalam mengingat.

Ternyata mencatat dengan tangan juga dapat meningkatkan fungsi otak, antara beda mengkoordinasikan otak kiri dan otak kanan, menambah kreatifitas, keterampilan kognitif, dan memori.

  1. Jangan Melupakan Sarapan

Berdasarkan keterangan dari Elisa S. lottor, Ph.D. dalam kitab Female and Forgetful, para ahli menemukan, peran terbesar dalam membuat kekuatan otak yang hebat, memori yang baik, dan bahkan IQ lebih tinggi ialah pada pilihan gaya hidup, bukan genetika. Pemilihan menu sarapan pun dianjurkan yang berisi lemak, karbohidrat, dan protein. Dimana, otak akan mengubah lemak, karbohidrat, dan protein sebagai bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *